Sebelum Bertugas, Pjs. Bupati Gorontalo Diterima Secara Adat 

Penyambutan secara adat kepada Pjs. Bupati Gorontalo, Sukri Botutihe bersama istri sebelum bertugas. [foto:ist]
Penyambutan secara adat kepada Pjs. Bupati Gorontalo, Sukri Botutihe bersama istri sebelum bertugas. [foto:ist]

NUSANTARA1.ID – Sebelum bertugas, pejabat sementara (Pjs) Bupati Gorontalo, Sukri Botutihe diterima secara adat Mopotilolo, Rabu (25/9) di rumah dinas.

Upacara adat ini menandai penerimaan secara resmi Sukri Botutihe sebagai pemimpin di Kabupaten Gorontalo. Prosesi ini diantaranya, menyuguhkan kapur sirih atau berupa jamuan kepada pejabat yang baru menginjakkan kaki di Gorontalo.

Diawali dengan tarian adat longgo, yang merupakan tarian bela diri khas Gorontalo. Ini diiringi dengan gendang dan syair-syair berbahasa Gorontalo. Ini terdengar dan menyertai setiap langkah Pjs. Bupati Gorontalo Sukri Botutihe beserta istri menuju yiladia rumah dinas.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya persembahan adat berupa minuman dan makanan tradisional. Kemudian, dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat, dan diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan. 

Penyelenggaraan prosesi Mopotilolo, menandai bahwa Pjs. Bupati Gorontalo telah diterima secara adat oleh masyarakat.

Sementara itu, Sukri Botutihe dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas penyambutan adat yang diterimanya. Siapapun pejabat yang datang ke Gorontalo, akan selalu disambut dengan adat Mopotilolo sebagai simbol penerimaan.

Perlu diketahui, penyambutan adat Mopotilolo dilaksanakan oleh para pemangku adat ‘Duluwo Limo Lo Pohalaa’. (**)

Pos terkait