NUSANTARA1.ID – Kota Gorontalo kembali menunjukkan prestasinya melalui pemanfaatan teknologi informasi tahun 2023, yang dibuktikan dengan meraih dua penghargaan sekaligus dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI.
Dua penghargaan yang diraih Pemerintah Kota Gorontalo didapat pada kategori Penerapan Aplikasi SiCantik Cloud dan Sistem Penghubung Layanan Pemerintah (SPLP), yang disampaikan pada saat rapat koordinasi (Rakor) Kolaborasi Implementasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) Nasional di Hotel Mulia Jakarta, Selasa (17/10).
“Dimana Si Cantik Cloud ini merupakan aplikasi layanan perizinan, dan untuk pengoperasiannya membutuhkan pemahaman bagi penyelenggara layanan perizinan dan masyarakat sebagai user. Olehnya, pemanfaatan aplikasi ini bukan hanya andil dari pemerintah Kota Gorontalo, tetapi masyarakat juga memiliki andil yang besar dalam pengimplementasiannya. SPLP tujuannya adalah untuk saling melakukan pertukaran layanan SPBE antar instansi yang ada di pusat atau di daerah,” jelas Walikota Gorontalo, Marten Taha.
Dari dua kategori yang berhasil diraih, Kota Gorontalo menduduki posisi terbaik tiga, dari seluruh kota di Indonesia.
Pencapaian ini tentunya menjadi bukti kerja keras dan juga dedikasi dari Wali Kota Gorontalo Marten Taha bersama Wakil Wali Kota Gorontalo Ryan Kono, dalam mewujudkan daerah yang memiliki sejuta prestasi.
Namun hal ini menurut Martin bukan menjadi perjalanan akhir dalam membangun Kota Gorontalo, untuk itu ia mengingatkan kepada seluruh jajarannya agar terus bekerja dengan giat, bersemangat, serta ikhlas dalam bekerja. Karena menurutnya penghargaan adalah konsekuensi dari pengabdian yang tulus.
“Ini menjadi bukti kerja kami dalam penyelenggaraan SPBE di daerah. Kita akan terus berkinerja dalam percepatan penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Daerah,” ungkap Marten.
Untuk itu Pemerintah Gorontalo terus berupaya bagaimana SPLP sebagai salah satu point penting dalam infrastruktur SPBE dapat berjalan sebagaimana mestinya. Sehingga aplikasi layanan public dan layanan administrasi ini dapat saling terintegrasi dengan tepat. (*)